Pelatihan Penggunaan Mendeley, Sitasi Jurnal Nasional & Internasional dan Turnitin Bagi Mahasiswa Semester VI PFIS

  • 02 Maret 2024
  • 11:59 WITA
  • Jurnalis Prodi Pendidikan Fisika
  • Berita

ONLINE PFIS - Pada tanggal 27 Februari 2024, mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2021 Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar melaksanakan workshop peningkatan kapasitas dalam penguasaan teknologi pendidikan, khususnya dalam penggunaan Turnitin. Kegiatan yang dipandu oleh Suarti, S.Si., S.Pd., M.Pd, dosen Pendidikan Fisika, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan akademik dan integritas ilmiah mahasiswa.


Dalam workshop ini, Suarti memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan Turnitin sebagai alat untuk mendeteksi plagiarisme dan memastikan keaslian karya ilmiah. Mahasiswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi dan praktik langsung menggunakan platform Turnitin.

"Sangat penting bagi mahasiswa untuk memahami etika akademik dan pentingnya menjaga keaslian karya ilmiah sehingga mereka dapat menghindari plagiarisme dan meningkatkan kualitas tulisan mereka," ungkap Suarti, S.Si, S.Pd., M.Pd.


Reaksi dari mahasiswa sangat positif, dengan banyak dari mereka menyatakan bahwa workshop ini memberikan wawasan baru dan keterampilan yang berguna dalam menyelesaikan tugas akademik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya UIN Alauddin Makassar dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional yang berintegritas dan berkompeten dalam dunia akademik maupun profesional. Harapannya, peningkatan kapasitas ini akan berdampak positif pada kualitas lulusan dan reputasi institusi.



Reporter : Abd. Djalil, Zahratun Hasanah

Editor & Publish: Anas Irwan