Visi

1. Visi Program Studi Pendidikan Fisika  FTK UIN Alauddin Makassar

Visi keilmuan Program Studi Pendidikan Fisika diturunkan dari visi kelembagaan FTK yaitu “Pusat Pengembangan dan Transformasi Pendidikan Islam yang Terintegrasi, Berdimensi Multiliterasi, dan Berdaya Saing Nasional Berbasis Peradaban Islam pada Tahun 2029” dan sesuai dengan visi kelembagaan universitas “Pusat Pencerahan dan Transformasi Ipteks Berbasis Peradaban Islam” dengan demikian program studi Pendidikan Fisika menetapkan visi keilmuan yaitu “Menghasilkan Calon Pendidik yang Unggul Dalam Pembelajaran Fisika yang Berdimensi Multiliterasi dan Berbasis Peradaban Islam”.  

Visi Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar memiliki makna:

Calon Pendidik yang Unggul memiliki makna bahwa Program Studi Pendidikan Fisika akan menerapkan pembelajaran yang mendukung kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional sehingga calon pendidik memiliki daya saing dalam bidang pembelajaran Fisika.

Unggul dalam Pembelajaran Fisika memiliki makna bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan di Prodi Pendidikan Fisika mengintegrasikan kemampuan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran agar mahasiswa memiliki kemampuan dasar menjadi calon pendidik.

Berdimensi Multiliterasi memiliki makna bahwa Prodi Pendidikan Fisika akan memberikan penekanan pembelajaran yang berfokus pada literasi sains, literasi media, literasi digital, literasi budaya, literasi teknologi, dan literasi manusia.

Berbasis Peradaban Islam memiliki makna bahwa sivitas akademika di Prodi Pendidikan Fisika berusaha untuk mengembangkan keilmuan yang dilakukan dengan penyatuan antara nilai-nilai keislaman dan budaya yang memperkuat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang merupakan penciri dari Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar.

Keselarasan rumusan visi keilmuan program studi dengan visi kelembagaan UPPS dan PT

Visi PS memiliki rumusan yang sangat selaras dengan visi UPPS dan visi UIN Alauddin Makassar. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel keselarasan berikut ini:

Tabel 3. Keselarasan Visi Universitas, Fakultas dan Prodi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Visi UIN Alauddin Makassar
Visi FTK UIN Alauddin Makassar
Visi Prodi Pendidikan Fisika
Pusat pencerahan dan transformasi Ipteks berbasis peradaban Islam
Pusat pengembangan dan transformasi pendidikan Islam yang terintegrasi, berdimensi  multiliterasi, dan berdaya  saing nasional berbasis peradaban Islam pada Tahun 2029
Menghasilkan calon pendidik yang unggul dalam pembelajaran Fisika yang berdimensi multiliterasi dan berbasis peradaban Islam


Misi

A. Misi Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar

  1. Menjadi penyelenggara yang menghasilkan lulusan calon pendidik fisika dan tenaga kependidikan yang unggul di tingkat satuan pendidikan berdimensi multiliterasi dan berbasis peradaban Islam.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran fisika berbasis teknologi informasi secara terencana, terarah dan berkelanjutan.Menyelenggarakan penelitian pendidikan fisika berbasis integrasi keilmuan.
  3. Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di bidang Pendidikan dan Pembelajaran Fisika berbasis kearifan lokal.

Kesesuaian rumusan misi program studi dengan misi kelembagaan UPPS dan PT

Misi Prodi Pendidikan Fisika memiliki rumusan yang sangat sesuai dengan Misi FTK UIN Alauddin Makassar dan Misi UIN Alauddin Makassar. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel kesesuaian berikut ini:

Tabel 1. Kesesuaian Misi Universitas, Fakultas dan Prodi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Misi UIN Alauddin Makassar
Misi FTK UIN Alauddin Makassar
Misi Prodi Pendidikan Fisika
M1. Menciptakan atmosfer akademik yang representatif bagi peningkatan mutu perguruan tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.
M1. Mengembangkan ilmu-ilmu kependidikan dan keguruan yang integratif dan holistik.
M1. Menjadi penyelenggara yang menghasilkan lulusan calon pendidik fisika dan tenaga kependidikan yang unggul di tingkat satuan pendidikan berdimensi multiliterasi dan berbasis peradaban Islam.
M2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merefleksikan kemampuan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks).
M2. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran, penelitian yang terpublikasi, dan pengabdian kepada masyarakat berbasis mutu dalam keilmuan dan keislaman.
M2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran fisika berbasis teknologi informasi secara terencana, terarah dan berkelanjutan.
M3. Mewujudkan universitas yang mandiri, berkarakter, bertata kelola baik, dan berdaya  saing dengan membangun jejaring kerja sama menuju universitas riset dengan membangun nilai spiritual.
M3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dengan mengedepankan pengembangan akhlak mulia dan sikap ilmiah.
M3. Menyelenggarakan penelitian pendidikan fisika berbasis integrasi keilmuan.

M4. Mengembangkan jaringan kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait, baik nasional maupun internasional.


M5. Meningkatkan mutu layanan administrasi, akademik, dan kemahasiswaan berdimensi multiliterasi.



M6. Menyelenggarakan layanan peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional serta layanan yang berkenaan dengan kebutuhan masyarakat.
M4. Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di bidang Pendidikan dan Pembelajaran Fisika berbasis kearifan lokal.

B. Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika  FTK UIN Alauddin Makassar yakni:

  1. Menghasilkan calon lulusan Pendidik Fisika dan Tenaga Kependidikan yang unggul di tingkat satuan pendidikan
  2. Menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi guru yang komprehensif.
  3. Menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan fisika yang mampu menyebarkan ilmu pengetahuan yang terintegrasi keislaman
  4. Menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kecakapan dalam kegiatan penelitian dan pengabdian yang berdimensi multiliterasi dan akhlak mulia

C. Strategi Program Studi Pendidikan Fisika  FTK UIN Alauddin Makassar

Untuk mereliasisasi kan pencapaian visi keilmuan prodi telah menetapkan tujuan Prodi Pendidikan Fisika dan strategi pencapaian tujuan Prodi Pendidikan Fisika yang dapat dilihat dalam tabel berikut:

Tabel 2. Tujuan dan Strategi PS

Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika
Strategi Program Studi Pendidikan Fisika
Menghasilkan calon lulusan Pendidik Fisika dan Tenaga Kependidikan yang unggul di tingkat satuan pendidikan

a. Inovasi kurikulum melalui perubahan sistem belanja dan MBKM

b. Implementasi pembelajaran yang berbasis blended learning

c. Mengimplementasikan model pembelajaran aktif dalam proses perkuliahan

d. Peningkatan kemampuan bahasa asing mahasiswa melalui Pelatihan Intensifikasi Bahasa Asing (PIBA) dan pelatihan TOEFL.

e. Penggunaan referensi dan sumber belajar berbasis jurnal.

f. Memfasilitasi civitas akademik melalui kegiatan pengembangan kompetensi diri untuk menciptakan suasana akademik yang unggul.

Menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi guru yang komprehensif.

a. Pembinaan karakter mahasiswa melalui program Character Building Training (CBT)

b. Pelaksanaan praktikum berbasis life skill

c. Peningkatan kompetensi calon pendidikan dan tenaga kependidikan terkait perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran melalui kegiatan pelatihan, workshop, uji kompetensi dan magang.

d. Optimalisasi kemampuan pedagogik dan profesional calon pendidik fisika melalui melalui program yang komprehensif.

e. Melaksanakan kegiatan pembelajaran aktualisasi lapangan dalam bentuk kegiatan pembedahan laboratorium IPA, praktikum lapangan dan manajemen laboratorium IPA  sekolah.

Menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan fisika yang mampu menyebarkan ilmu pengetahuan yang terintegrasi keislaman

a. Optimalisasi hafalan Al-Qur’an Juz 30 mulai, Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dan Pengembangan sistem pembelajaran terintegrasi berbasis peradaban Islam

b. Pengembangan sistem pembelajaran berbasis multiliterasi

c. Penyebarluasan gagasan melalui berbagai media pada level lokal dan nasional dan internasional

d. Menfasilitasi mahasiswa calon pendidik mengikuti kompetisi ilmiah.


Menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kecakapan dalam kegiatan penelitian dan pengabdian yang berdimensi multiliterasi dan akhlak mulia

a. Peningkatan akreditasi jurnal pada Prodi Pendidikan Fisika

b. Meningkatkan kolaborasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan PKM melalui proses pembelajaran yang terintegrasi dalam perkuliahan untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasinya melalui jalur pendidikan, rekognisi, dan pemerolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

c. Peningkatan publikasi ilmiah yang berorientasi pada pengembangan ilmu Pendidikan Fisika yang integratif dan holistik pada level nasional, dan internasional sesuai dengan roadmap penelitian dan pengabdian Prodi Pendidikan Fisika.

d. Melaksanakan kegiatan pendampingan yang terintegrasi keilmuan sesuai keahlian bidang Pendidikan Fisika berdasarkan roadmap pengabdian kepada masyarakat (PkM) Prodi Pendidikan Fisika.

e. Penyelenggaraan workshop penulisan artikel ilmiah dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidang pendidikan fisika.

f. Peningkatan jumlah kerja sama dalam bidang Tri Dharma untuk meningkatkan kompetensi calon pendidik fisika.