97 Mahasiswa Pendidikan Fisika Pembekalan PPL Nasional 2018

  • 11 Juli 2018
  • 04:50 WITA
  • Jurnalis Prodi Pendidikan Fisika
  • Berita

Pembekalan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar diselenggarakan di Auditorium UIN Alauddin Makassar,  Senin - Selasa, 9 - 10 Juli 2018.

Ketua panitia pelaksana PPL FTK UIN Alauddin Makassar, St Nurjannah Yunus  Tekeng menjelaskan sistem yang akan diterapkan terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika yang keluar praktek tahun 2018 ini. Mereka tidak hanya terlibat mengajar tapi akan berpraktek sesuai apa yang didapatkan dalam ilmu pendidikan dan fisika di bangku kuliah.

St. Nurjanah menambahkan bahwa materi mereka pun dalam pembekalan PPL ini berbeda. Mereka dibekali mengenai pelatihan kurikulum dan Rpp berbasis sekolah, rencana kerja sekolah, dan menulis jurnal refleksi. Menurut St Nurjannah pengalaman saja tidak cukup, jadi mereka akan belajar tidak hanya melihat dan mengalami. Tapi, dituntut untuk setiap pengalaman yang didapatkan di tempat prakteknya ditulis. Kemudian melihat hal-hal yang bisa di evaluasi untuk perkembangan di masa yang akan datang.

Dalam pembekalan praktek tersebut betul-betul mereka diajak terlibat secara penuh untuk berproses. Jadi mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar yang ikut pembekalan mereka diajari membuat jurnal refleksi, menerapkan model pembelajaran aktif, diajarkan membuat pertanyaan-pertanyaan tingkat tinggi atau berkualitas, dan beberapa pembelajaran.

Rencananya, Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika akan melakukan Praktek mengajar di beberapa sekolah sebanyak 97 Orang Yang tersebar di beberapa lokasi di Makassar, Pulau Jawa dan Pulau NTT. Mahasiswa yang ditempatkan di Flores Labuan Bajo berjumlah 15 Orang, Banyuwangi Jawa Timur berjumlah 24 Orang, sedangkan Solo Jawa Tengah berjumlah 50 Orang, serta 8 Orang regional Makassar. Pemberangkatan dimulai tanggal 11 Juli hingga 21 Juli 2018. Mereka akan ber-PPL di sekolah selama 2 bulan, dan akan di tarik kembali pada bulan September 2018, Ungkap Muh.Qaddafi Ketua Jurusan Pendidikan Fisika.

*Diolah dari  berbagai Sumber
Report: Anas Irwan