REVIEW VISI, MISI, TUJUAN & STRATEGI PRODI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN 2024

  • 05 Mei 2024
  • 06:08 WITA
  • Jurnalis Prodi Pendidikan Fisika
  • Berita

ONLINE PFIS - Pada Sabtu, 4 Mei 2024, di Hotel Alauddin Makassar, dilakukan review terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi Pendidikan Fisika Tahun 2024. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbarui arah dan langkah-langkah yang akan diambil oleh program studi dalam mencapai tujuan pendidikan fisika yang berkualitas.

Dalam review tersebut, berbagai pihak terlibat, termasuk dosen, staf, Stakholder, Alumni dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Mereka secara aktif berdiskusi dan memberikan masukan untuk memperbaiki Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi yang telah ditetapkan sebelumnya.


Visi Program Studi Pendidikan Fisika FTK  Tahun 2024 adalah Menghasilkan calon pendidik yang unggul dalam pembelajaran Fisika yang berdimensi multiliterasi dan berbasis peradaban islam. 

Misi program studi ini adalah

1.Menjadi Penyelenggara yang menghasilkan lulusan calon Pendidik Fisika dan Tenaga Kependidikan yang unggul di tingkat satuan pendidikan berdimensi multiliterasi dan berbasis peradaban Islam;

2. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pembelajaran Fisika berbasis Teknologi informasi secara terencana, terarah dan berkelanjutan;

3. Menyelenggarakan Penelitian pendidikan Fisika berbasis integrasi keilmuan.; 

4. Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di bidang Pendidikan dan Pembelajaran Fisika berbasis kearifan lokal. 

Tujuan dari review ini adalah untuk memastikan bahwa Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi Pendidikan Fisika Tahun 2024 tetap relevan dan sesuai dengan perkembangan terkini dalam bidang pendidikan fisika. Dalam diskusi tersebut, strategi-strategi baru juga diusulkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan fisika di program studi ini.

Adapun Tujuan dari review yaitu 

1. Menghasilkan calon Pendidik Fisika dan Tenaga Kependidikan yang unggul ditingkat satuan pendidikan

2. Menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi guru yang komprehensif.

3. Memberdayakan masyarakat melalui penyebarluasan ilmu pengetahuan yang terintegrasi keilmuan

4. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berdimensi multiliterasi dan akhlak mulia.


Para peserta review sangat antusias dan berkomitmen untuk menjadikan Program Studi Pendidikan Fisika sebagai program studi yang unggul dan berkontribusi nyata dalam pengembangan pendidikan fisika di Indonesia. 

Diharapkan bahwa hasil dari review ini akan menjadi panduan yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di lingkungan Program Studi Pendidikan Fisika.


Report: Anas Irwan