Latar Belakang Survey
Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan tantangan tersendiri bagi Perguruan Tinggi dalam menyiapkan lulusannya agar mampu berkompetisi dalam memperebutkan pasar kerja dan menghasilkan lulusan yang inovatif dan kreatif. Upaya yang dapat dilakukan dalam mendukung pencaPendidikan Fisikaan alumni yang berkualitas salah satunya adalah dengan cara mengetahui kekurangan kompetensi yang dimiliki alumni melalui pengguna/user lulusan sehingga dapat diperoleh informasi yang bisa meningkatkan kualitas proses pembelajaran di Prodi Pendidikan Fisika untuk mencaPendidikan Fisika lulusan yang berdaya saing tinggi.
Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Lulusan yang diharapkan pada umumnya ditujukan untuk menjadi tenaga pendidik khususnya mengajarkan ilmu dan akhlak yang Islami. Namun, karena alumni Prodi Pendidikan Fisika mulai mampu bersaing dalam pasar kerja di luar tenaga kependidikan, maka pihak Prodi Pendidikan Fisika berusaha meningkatkan mutu lulusannya dengan berbagai perencanaan pembelajaran baik dalam program kurikuler maupun ekstrakurikuler.
Dengan adanya tujuan, visi dan misi dari Prodi Pendidikan Fisika maka diharapkan mahasiswa ataupun lulusan Prodi Pendidikan Fisika menjadi insan yang berkualitas sehingga nantinya bisa berguna bagi dirinya sendiri maupun untuk lingkungan sekitar. Selain hal tersebut, Prodi Pendidikan Fisika selalu berbenah dengan tujuan mendapatkan alumni yang mampu berkompetisi di dunia kerja. Salah satu tindakan yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Fisika adalah menggunakan umpan balik atau feedback dari pengguna/user lulusan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetensi yang dimiliki oleh alumni Prodi Pendidikan Fisika.
Informasi yang didapatkan dari pengguna/user lulusan akan menjadi bahan pertimbangan bagi Prodi Pendidikan Fisika untuk merencanakan strategi pembelajaran. Dengan informasi tersebut, diharapkan calon lulusan Prodi Pendidikan Fisika akan memiliki kompetensi yang mampu bersaing di pasar kerja nasional maupun internasional.
Rumusan Masalah
Dalam rangka peningkatan proses pembelajaran dan kontrol yang berkesinambungan terhadap kompetensi lulusan/alumni, maka dianggap perlu diadakan survey tentang tanggapan pengguna/user terhadap lulusan dari Jurusan/program studi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar tahun 2018 dengan mengangkat masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana tingkat kompetensi yang dimiliki alumni Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar?
2. Upaya apa yang harus dilakukan Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar dalam meningkatkan kompetensi calon alumni?
Tujuan Survey
Pelaksanaan survey tentang tanggapan pengguna/user terhadap lulusan Jurusan/program studi Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar bertujuan untuk:
1. Mendapatkan gambaran tentang tingkat kompetensi yang dimiliki alumni Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar.
2. Menganalisis kemungkinan pelaksanaan program dan penetapan kebijakan dalam meningkatkan/mengembangkan kompetensi calon alumni Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar.
Pelaksana
Survey dilaksanakan oleh Tim dari Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar (UINAM). Jumlah surveyor terdiri dari 2 orang. Surveyor bertugas untuk mengumpulkan data kuesioner, menganalisis data, dan mendenskripsikan hasil data yang didapatkan.
Pelaksanaan
Persiapan tracer study bagi pengguna alumni Prodi Pendidikan Fisika dimulai sejak bulan November 2022. Pelaksanaan pengambilan data dilapangan dan pengolahan data dilakukan bulan Januari s.d. Februari 2023. Analisis data dan pelaporan hasil dilaksanakan pada bulan Maret 2023.
Jenis dan Sumber Data
Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang didapat langsung dari penyebaran kuisioner yang diharapkan diisi oleh pengguna/user lulusan sebagai pernyataan penilaian kompetensi alumni Prodi Pendidikan Fisika. Terdapat 7 kompetensi dengan 7 butir pernyataan berkaitan dengan kinerja alumni Pendidikan Fisika di instansi para user. Adapun jenis kemampuan meliputi; 1) Etika berperilaku; 2) Kinerja yang berkaitan dengan kompetensi utama; 3) Kemampuan bekerja dalam tim; 4) Kemampuan berkomunikasi; 5) Kemampuan berbahasa Inggris; 6) Kemampuan Penggunaan teknologi informasi; 7) Upaya pengembangan diri.
Responden
Responden pada pelaksanaan tracer study pengguna lulusan adalah sekolah/instansi/lembaga tempat alumni bekerja. Sekolah yang dimaksud adalah sekolah dari tingkatan SMP sampai SMA baik negeri maupun tidak; Instansi dimaksud adalah instansi pemerintah, baik pada skala pemerintahan pusat maupun daerah. Sedangkan lembaga dimaksud adalah lembaga non pemerintah namun mempunyai kegiatan yang berskala nasional maupun regional.
Penyebaran kuisioner kepada pengguna/user diambil secara acak dari tempat kerja lulusan Prodi Pendidikan Fisika dalam kurung waktu 5 tahun terakhir yaitu lulusan alumni angkatan 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2016 dengan tidak mempertimbangkan sekolah/instansi/lembaga tertentu. Panitia survey menyebar kuisioner melalui website prodi Pendidikan Fisika dan group WhatsApp Alumni tiap Angkatan. Kemudian alumni yang bekerja di instansi tersebut membantu Tim Survey dengan mengirimkan form google formulir https://bit.ly/tracerPGFis via WhatsApp kepada pimpinan/ kepala sekolah/ supervisor yang berhak memberikan penilaian kepada lulusan. Penyebaran kuisioner kepada seluruh alumni yang aktif di media sosial WhatsApp dan yang berhasil di isi oleh sekolah/instansi/lembaga sebanyak 105 responden atau kuisioner. Jumlah itulah kemudian digunakan sebagai data survey respon pengguna lulusan.
Metode Pengumpulan Data
Pengambilan data dilakukan dengan komunikasi melalui website prodi Pendidikan Fisika dan group WhatsApp pengguna/user dengan form google formulir https://bit.ly/tracerPGFis. Penelusuran nomor telepon pengguna/user dilakukan melalui informasi yang telah didapat dari group WhatsApp Alumni tiap-tiap angkatan lulusan yaitu angkatan 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2016.
Metode Analisis Data
Data yang diperoleh dikumpulkan dan ditabulasi, kemudian dianalisis statistik menggunakan Microsoft Excell dengan menghitung rata-rata penilaian terhadap kompetensi lulusan. Persentase nilai kompetensi juga dihitung berdasarkan perolehan nilai dari aspek-aspek kompetensi tersebut.
Hasil dan Pembahasan
Survey kompetensi lulusan merupakan salah satu studi yang diharapkan bisa menyediakan informasi untuk mengevaluasi hasil pembelajaran Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Informasi ini digunakan untuk pengembangan lebih lanjut dalam menjamin kualitas pendidikan. Dengan kegiatan survey ini diharapkan Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika mendapatkan informasi tentang kekurangan pelaksanaan pembelajaran pada program studi tersebut dan menyediakan perencanaan yang lebih baik di masa depan.
Survey ini bermanfaat baik bagi pengguna/user maupun pihak Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika. Bagi para pengguna/user, hasil survey ini diharapkan menjadi salah satu pertimbangan apakah mereka akan menggunakan alumni/lulusan Pendidikan Fisika Alauddin Makassar sebagai staf/pegawai dan pengajar di instansi mereka. Bagi pihak Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika, informasi ini diharapkan memberi manfaat untuk menentukan strategi dan orientasi pendidikan, melakukan perbaikan konsep maupun teknis penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran sehingga lulusan semakin lebih baik dalam kapasitas intelektualitas, keterampilan, serta akhlak dan kepribadiannya. Hasil survey ini juga diharapkan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan kualitas proses dan evaluasi pembelajaran serta pengembangan manajemen pendidikan. Dengan perbaikan yang terus menerus terhadap berbagai kompetensi lulusan, maka diharapkan pendidikan di Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika menjadi lebih efisien, efektif, dan produktif sehingga dapat mempertinggi daya saing alumni/lulusan dalam dunia kerja, baik regional maupun nasional.
Dalam survey kompetensi lulusan yang dilakukan Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika ini, ada 7 kompetensi yang dinilai oleh pengguna/user. Ke-7 kompetensi tersebut adalah integritas; profesionalisme; Bahasa Inggris komunikasi leadership ;penguasaan TI; kerjasama tim; dan pengembangan diri. Adapun persentase ke-7 kompetensi tersebut dapat dilihat dalam gambar 3.
Gambar 3. Sebaran persentase (dalam % ) Jenis Kompetensi Lulusan Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar
Penilaian pengguna/user lulusan terhadap ke-7 kompetensi yang dinilai dalam survey ini masuk dalam kategori Tinggi. Sikap/etika dalam berperilaku mendapatkan rata-rata tertinggi yaitu 84% (89 orang memberikan penilaian angka 4 dari 105 pengguna). Hal ini menunjukkan lulusan Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika memiliki poin tinggi menurut pengguna/user lulusan dalam hal penggunaan perilaku dunia kerja sangat baik. Kompetensi dalam hal profesionalisme, Bahasa Inggris, komunikasi, kerjasama tim/leadership, integritas, kerjasama tim, dan pengembangan diri juga mendapat penilaian yang tidak mengecawakan dari pengguna/user.