Perdana di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prodi Pendidikan Fisika Lakukan Uji Tes Kompetensi Profesional Pendidikan Fisika Bagi Calon Sarjana

  • 28 Juni 2022
  • 11:34 WITA
  • Jurnalis Prodi Pendidikan Fisika
  • Berita

P.FIS ONLINE – Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan Uji Tes Kompetensi Profesional Pendidikan Fisika, Rabu, 28 Juni 2022 di Lecture Theater (LT) Lantai I FTK UINAM. 

Tes Kompetensi Profesional Pendidikan Fisika merupakan salah satu program yang menjadi ciri khas dalam kurikulum KKNI Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar. Tes Kompetensi ini adalah implementasi dari kurikulum di program studi dengan mengukur capaian pembelajaran yang disajikan soal-soal HOTS, diharapkan dapat mengukur kemampuan mahasiswa apakah sudah sesuai capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang diharapkan. 

“Tes kompetensi merupakan perdana yang dilakukan di program studi bahkan di Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar. Sebenarnya tingkat fakultas sementara digodok untuk diterapakan secara menyeluruh di fakultas, tetapi Prodi Pendidikan Fisika sudah jalan lebih awal terkait dengan sosialisasi tes kompetensi ini bahkan sudah disebarkan kisi-kisi sebelum tes kompetensi ini dilakukan. Tes ini bukanlah tes yang baru, melainkan tes untuk mengukur kembali kemampuan mahasiswa setelah mata kuliah di ajarkan di semester-semester sebelumnya”, Ungkap Santih Anggereni saat pembukaan 


Sekertaris Prodi P.Fis, Santih menegaskan tes kompetensi ini terdiri dari 120 soal atau indikator yang tersebar soal pedagogik 40% dan fisika 60% yang sudah terintegrasi dengan soal CPL yang meliputi capaian pembelajaran sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus sehingga lulusan program studi kita dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Tes Kompetensi Profesional Pendidikan Fisika adalah salah satu prasyarat sarjana di Program Studi Pendidikan Fisika yang secara kontinu akan di ujikan sebelum mendaftar ujian munaqasyah, hal tersebut bisa mendaftar ujian tutup/munaqasyah jika sudah lulus tes tersebut. Tidak perlu khawatir jika tidak lulus, intinya mau belajar kembali karena prodi akan selalu membuka tes ini bahkan bisa tes setiap minggu, jika sudah siap ujian kembali atau pendaftar sudah banyak.


“Tes kali ini merupakan tes kedua/ batch 2, yang sebelumnya dilakukan tes batch 1 pada tanggal 24 Juni 2022 yang dikuti oleh semester VIII (angkatan 2018) berjumlah 60 orang dan hasilnya tidak ada yang lulus. Selanjutnya tes kedua (batch 2) pada tanggal 29 Juni 2022 yang diikuti berjumlah 90 orang yang tersebar angkatan 2018, 2017 dan 2016 yang sementara penyelesaian studi, hasilnya diperoleh 18 orang lulus pada tes kedua tersebut. Tes ketiga (batch 3) rencananya akan di jadwalkan setelah lebaran guna memberikan kesempatan untuk belajar kembali”, Ujar Anas Irwan selaku panitia Tes Kompetensi P.Fisika


Santih mengharapkan lulusan kita siap diserap dunia kerja terutama jika akan mengikuti program profesi seperti Pendidikan Profesi Guru (PPG) karena materi-materi dan soal yang disajikan ada kemiripan dengan soal-soal PPG tingkat kesulitannya sehingga sudah terbiasa dengan soal yang akan diujikan. 


Penulis: Anas Irwan