Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar kembali mengadakan Tour AKLAM’2016. Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa tahun 2016 (AKLAM ’2016) diadakan tahun ini tepatnya dimulai pada bulan Februari (09/02/2016) hingga bulan Maret (03/03/2016) yang tersebar 3 kabupaten kota di Sulawesi Selatan.
AKLAM sendiri merupakan suatu program Jurusan Pendidikan Fisika UINAM yang berbasiskan pengabdian/bakti sosial tingkat sekolah yang dijalankan dalam rangka meningkatkan kompetensi para calon pendidik Fisika yang berada dalam naungannya. Kegiatan ini telah dibentuk sedemikian rupa hingga mampu mengembangkan kompetensi paedagogik, profesionalisme, kepribadian, dan sosial mahasiswa yang mana keempat kompetensi itu merupakan empat kompetensi dasar tenaga pendidik. Para mahasiswa yang direkrut menjadi anggota adalah mereka yang dianggap layak pakai dalam pengabdian tersebut.
Tim Aklam ini dibentuk dari 33 Mahasiswa pilihan Jurusan Pendidikan Fisika UINAM yang merupakan kolaborasi antara angkatan 2013 (Neutron) dan 2014 (Radiasi), dengan komposisi 28 dari angkatan 2013 dan 5 orang mahasiswa angkatan 2014, yang kemudian dilebur lalu diparsialkan menjadi 8 orang Tim Lab, dan 25 Tim Pembimbing. Kedua tim ini merupakan unsur dari tim AKLAM yang diketuai oleh Ali Akbar.
Tour Aklam’2016 telah dilakukan di tiga kabupaten dan sekolah yang berbeda, yakni di Kabupaten Pangkep berlokasi di SMPN 1 Minasatene, Kabupaten Barru tepatnya di SMAN 1 Tanete Rilau, dan Kabupaten Jeneponto berlokasi di SMPN 2 Bangkala.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan dua mekanisme yakni mekanisme eksperimentasi dengan pendekatan inkuiri terbimbing oleh Tim Pembimbing, yang kedua mekanisme reparasi lab yang dijalankan oleh Tim Lab dalam rangka memperbaiki lab IPA ke arah yang lebih mendekati standar lab IPA secara Nasional.
Sesuai dengan tema “Mengasah Potensi Keterampilan Kerja Asisten Lab yang Profesional dalam Kegiatan AKLAM 2016”, kegiatan ini dilaksanakan selain dengan maksud mengasah potensi asisten lab, juga bermaksud untuk membantu guru dalam hal memaksimalkan pemanfaatan laboratorium IPA dalam proses pembelajaran Fisika. Selain itu adanya pembimbingan praktikum oleh mahasiswa tentunya akan menambah minat dan motivasi belajar Fisika peserta didik di sekolah terkait.
Penulis : Sunardi Nasir
Editor : Anas Irwan