Suksesnya Kegiatan Aklam di SMAN 3 Bulukumba: Tingkatkan Minat dan Pemahaman Siswa terhadap Ilmu Fisika di Sekolah

  • 02 Maret 2024
  • 11:37 WITA
  • Jurnalis Prodi Pendidikan Fisika
  • Berita

PFIS ONLINE - Pada tanggal 19 - 22 Februari 2024, Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar sukses menggelar kegiatan Aklam (Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa) di SMAN 3 Bulukumba. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap ilmu fisika melalui pendekatan kreatif dan interaktif.

Aklam kali ini dibuka secara resmi oleh Wakasek Kurikulum SMAN 3 Bulukumba, Muhammad Saedi, yang menekankan pentingnya kualitas laboratorium di sekolah. Selama empat hari berturut-turut, siswa-siswa dari SMAN 3 Bulukumba terlibat dalam beragam kegiatan menarik, termasuk praktek eksperimen, lomba fisika, dan diskusi tentang penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari.


Kegiatan ini melibatkan 35 mahasiswa angkatan 2021 dari Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Aklam terbagi menjadi dua kegiatan inti, yaitu Pembimbingan Praktikum dan Bedah Laboratorium.

Siswa-siswa dari kelas XI MIPA 1 hingga XI MIPA 5 tampak sangat antusias dan aktif dalam kegiatan tersebut, menunjukkan minat yang besar dalam memahami ilmu fisika. Selain itu, kegiatan bedah laboratorium dilakukan untuk membersihkan alat dan bahan serta menata ruangan laboratorium agar lebih rapi.

Penyelenggara juga menggelar berbagai lomba antar kelas, seperti cerdas cermat, KIT Eksperimen, dan lomba Ranking 1, dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa, guru, dan siswa SMAN 3 Bulukumba.

Ketua pelaksana kegiatan, Ismail Syukri, menyampaikan apresiasi kepada SMAN 3 Bulukumba atas dukungan yang diberikan. Dia juga berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk mendalami ilmu fisika dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


Aklam ditutup dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba dan penyerahan sertifikat kepada semua peserta sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi mereka. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mengembangkan minat dan keterampilan siswa dalam ilmu fisika.


Report: Abd Djalil &Husnul Khotimah Ahsan

Editor & Publish: Anas Irwan