MAHASISWA ANGKATAN 2020 SUKES LAKSANAKAN AKLAM DI SMPN 2 PATAMPANUA KABUPATEN PINRANG SULSEL

  • 16 September 2022
  • 12:01 WITA
  • Jurnalis Prodi Pendidikan Fisika
  • Berita

PFIS-ONLINE - Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (AKLAM) merupakan suatu kegiatan lapangan yang dilaksanakan oleh Jurusan Pendidikan Fisika tiap tahunnya. Kegiatan ini diselenggarakan diberbagai sekolah mita kerjasama sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, dengan memberikan pelayanan kepada sekolah berupa penataan laboratorium serta pembimbingan praktikum Keterampilan IPA Terpadu (KIT) Fisika kepada peserta didik sehingga dapat menambah suasana baru dalam proses pembelajaran IPA/fisika.


Kali ini, Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar kembali melaksanakan kegiatan AKLAM KE-2 pada tahun 2022 di salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Kabupaten Pinrang yakni SMPN 2 Patampanua, Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari yakni pada hari senin s.d jum'at, 5-9 September 2022 dengan TIM Pelaksana mahasiswa Program Studi  Pendidikan Fisika angkatan 2020 (Hadron) sebanyak 46 mahasiswa.


Kedatangan Tim Panitia AKLAM disambut baik dan antusias oleh Kepala UPT dan seluruh masyarakat SMPN 2 Patampanua. Pada acara pembukaan, pihak sekolah memberikan kalung bunga kepada Pak Muh. Syihab Ikbal, S.Pd., M.Pd dan Pak Suhardiman, S.Pd., M.Pd yang merupakan pendamping AKLAM saat itu. Bahkan sebelumnya juga telah disambut dengan tarian Pa'dupa ketika sedang berlangsung upacara bendera.


"Saya berpesan kepada seluruh siswa-siswi terkhusus kelas 9 bahwasanya semoga ilmu yang didapatkan nantinya dapat membawa berkah untuk kalian, dan tentunya dapat diajarkan ke adek-adeknya. Dengarkan apa yang disampaikan oleh kakak-kakak mahasiswa, karena butuh perjuangan dan usaha mereka datang kesini guna tugas mulia yakni pengabdian masyarakat ke sekolah kita ini" Pesan Pak Drs. Sultan M.Pd, selaku kepala UPT dalam pidatonya. 


Kegiatan AKLAM berlangsung selama 5 hari. Selama beberapa hari itu, dilakukan pembimbingan praktikum, pembedahan laboratorium, dan perlombaan antar kelas. Waktu yang cukup singkat tapi sangat berkesan. Hingga tiba hari terakhir, dimana kegiatan AKLAM ditutup secara resmi oleh Pak Drs. Sultan M.Pd. Beliau berharap semoga akan ada pertemuan selanjutnya dilain waktu.




Penulis : Khaerunnisa - Pfis 20
Editor   : Mukti