PKM : Jurusan Pendidikan Fisika Menyalurkan Tempat Cuci Tangan

  • 30 Maret 2021
  • 01:10 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban para dosen dalam berkontribusi untuk negeri. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar dan mahasiswa pada semester ini memutuskan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan adanya wabah Covid 19.


Pengabdian ini berupa penyediaan tempat cuci tangan. Dari hasil wawancara kepada Pak Mukhti (ketua panitia pembuatan cuci tangan) memaparkan bahwa tempat cuci tangan ini dirancang agar tangan tidak lagi menyentuh kran air, cukup dengan menginjak pedal bagian bawah pada tempat cuci tangan. Pedal yang disiapkan terdiri atas dua bagian dengan fungsi, pedal satu untuk kran air dan pedal dua berfungsi untuk sabun tangan. Rancangan cuci tangan ini bertujuan agar tidak ada lagi kemungkinan virus atau kuman dari tangan yang mencuci tangan tertinggal pada kran air atau tempat sabun, sehingga penyebaran virus melalui tempat cuci tangan bisa diminimalisir tambahnya.

Dalam hasil wawancara kepada ketua Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar Ibu Rafiqa, S.Si., M.Pd menyatakan bahwa “Mengapa Jurusan Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar membuat pengabdian masyarakat ini, tentunya karena kepedulian jurusan terhadap penanganan penyebaran COVID-19. Perlu bukti nyata dalam hal ini, setidaknya jurusan kami memberikan kontribusi riil kepada masyarakat dengan menyiapkan tempat cuci tangan yang lebih efektif mencegah penyebaran virus dalam penggunaannya. Kedepannya dalam waktu dekat ini kami dari pihak jurusan juga  menyiapkan tempat cuci tangan untuk sekolah lain dengan rancangan cuci tangan yang sama tutupnya”.

Kegiatan penyaluran tempat cuci tangan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 29 maret 2021 bertempat di SMA Guppi, yang diserahkan langsung oleh dosen Jurusan pendidikan fisika beserta ketua panitia pembuatan cuci tangan dan diterima langsung oleh pihak sekolah SMA Guppi dengan sangat antusias dan juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Jurusan Pendidikan Fisika.
Penulis : Jusman 
Editor   : Imam Permana