PEMBEKALAN PLP 1 FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

  • 15 Maret 2021
  • 05:08 WITA
  • Jurnalis Prodi Pendidikan Fisika
  • Berita

Dalam rangka persiapan mahasiswa semister IV menjalani  pengenalan lapangan persekolahan 1 (PLP 1), maka panitia pelaksanaan PLP 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar melaksanakan pembekalan kepada mahasiswa pada hari kamis 11 maret 2021 secara online yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pada kegiatan PLP 1 Jurusan Pendidikan Fisika diberikan amanah untuk menjadi panitia pelaksana.

Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua panitia PLP 1 Rafiqah, S.Si., M.Pd yang juga menjabat sebagai ketua Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar  menyatakan bahwa kegiatan PLP 1 berlangsung mulai 6 maret hingga 29 maret yang bertujuan untuk ;  1. Memperluas wawasan mahasiswa tentang dunia profesi guru dengan cara memberi kesempatan kepada mereka untuk mengalami langsung pelaksanaan kegiatan di sekolah/madrasah, 2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menjalin networking dengan stakeholder di sekolah/madrasah, 3.  Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untukmengenal secara langsung sekolah/madrasah dari aspek manajemen, lingkungan fisik, dan sosiokultural sekolah/madrasah, 4. Menerapkan pengetahuan teoretis ke dalam dunia praktik sehingga mampu menumbuhkan pengetahuan kerja sesuai dengan latar belakang bidang ilmu pendidikan dan keguruan, 5. Melatih kemampuan mahasiswa menjadi pribadi mandiri, mampu memecahkan masalah, dan mengambil keputusan dalam bekerja, 6.  Menumbuhkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain di dunia kerja. Sedang untuk kegiatan pembekalan PLP 1 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa tentang tujuan dan tekhnis pelaksanaan PLP 1 tuturnya.

Dalam kegiatan pembekalan PLP 1 ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semister IV sebanyak 738 orang yang berasal dari 9 jurusan. Yaitu jurusan Pend. Agama Islam, Pend. Bahasa Arab, Pend. Bahasa Inggris, Manajemen Pend. Islam, Pend. Fisika, Pend. Biologi, Pend. Matematika, Pend. Islam Anak Usia Dini, dan Pend. Guru Madrasa Ibtidaiyah.

Pemateri yang dihadirkan dalam pembekalan PLP 1 yaitu bapak wakil dekan 1 ( Kebijakan dan Teknis Pelaksanaan PLP 1), Dr. H. Muh. Rapi, M.Pd ( Instrumen Pembelajaran PLP 1 pada Jurusan P. Fis, P. Bio, P. Mat), Dr. Rappe, M.Pd.I (Instrumen Pembelajaran PLP 1 pada Jurusan PAI, PBA, PBI), Ahmad Afif, S.Ag, M.Si (Instrumen Pembelajaran PLP 1 pada Jurusan PGMI, PIAUD), dan Ridwan Idris, M.Pd (Instrumen Pembelajaran PLP 1 pada Jurusan MPI)

Penulis ; Jusman

Editor ; Imam Permana