Jelang Perkuliahan Semester Ganjil, 5 Dosen Pendidikan Fisika ikuti Pelatihan

  • 25 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

PFS.FTK.UIN-ALAUDDIN.AC.ID, GOWA – UIN Alauddin terus memantapkan diri sebagai pusat pencerahan di kawasan timur Indonesia melalui solusi pelaksanaan pendidikan yang efektif dan handal. Hal itu terlihat dengan pengembangan sistem manajemen pembelajaran online kampus Learning Centre Area (Lentera).

Sebagai jantung pendidikan di UIN Alauddin, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) merasa perlu menjadi pelopor pengoptimalan penggunaan Lentera ini. Untuk itu diadakanlah “Pelatihan Penggunaan Lentera” bagi para dosen termasuk 5 dosen dari jurusan Pendidikan Fisika, (25/8).

Acara yang dibatasi hanya sampai 35 peserta ini dibuka secara resmi oleh wakil dekan bidang akademik Dr. M. Shabir U., M.Ag.

Dalam kesempatan tersebut, Pelatih utama Andi Ridwan Kambau menegaskan pentingnya seluruh dosen FTK mengerti penggunaan Lentera.

Lentera (Learning Center Area) merupakan ruang atau tempat pembelajaran mahasiswa secara online atau biasa disebut e-learning.  Dengan model virtual class akan membantu dosen dalam mengajar dan memudahkan mahasiswa dalam proses perkuliahan.

“Saya sangat merekomendasikan penggunaan lentera sebagai ruang pembelajaran utama karena sudah dilengkapi beberapa dukungan yang memungkinkan kita memantau kehadiran, mengunggah bahan ajar,membuat kuis sampai layanan telekonfrensi”, Ujar A. Ridwan.

A. Ridwan kemudian menjelaskan bahwa Lentera in dapat terhubung dengan situs “monitoring dan evaluasi daring” UIN Alauddin.

“Kegiatan ini sangat membantu pelaksanaan pembelajaran online untuk kami, dan kita patut bangga karena UIN Alauddin memiliki ruang pembelajaran luar biasa yang dibangun sendiri”, ungkap Jusman salah satu peserta pelatihan.

Di akhir acara, A. Ridwan memberikan video tutorial kepada peserta pelatihan agar peserta dapat belajar mandiri.

Penulis        : Imam Permana

Editor          : Suhardiman