Dosen Muda Pendidikan Fisika UIN Alauddin jadi Pembicara di Webinar Eksperimen Fisika

  • 22 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

PFS.FTK.UIN-ALAUDDIN.AC.ID, GOWA – Wabah Covid-19 benar-benar membuat pembelajaran harus dilakukan secara daring. Saat ini unit-unit pendidikan terus berusaha merancang pembelajaran yang paling tepat di masa pandemi ini, terlebih pembelajaran secara daring sangat bergantung pada ketersediaan alat komunikasi dan jaringan. Ini tentu menjadi kendala tersendiri utamanya di pelajaran eksakta seperti fisika yang sudah terbiasa dengan metode eksperimen.

Sebagai bentuk dukungan program pemerintah untuk tetap menjalankan proses pendidikan di tengah pandemi, Program Prodi Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros (UMMA) menggelar Webinar dengan tema "Adaptasi dan Kesiapan Pembelajaran Eksperimen di Era New Normal”

Webinar ini akan digelar pada Sabtu, 22 Agustus 2020, pukul 13.00 hingga 15.30 WITA. Hadir memberi sambutan di acara ini Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMMA Hikma Rusdi, S.Pd., M.Pd.

Sementara itu pembicara dalam Webinar adalah:
1. Muh. Akbar, S.Pd., M.Pd. (Ketua MGMP Kab. Maros)

2. Muh. Syihab Ikbal, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar)

Dalam pemaparannya kedua pemateri menegaskan bahwa “virtual learning menjadi solusi untuk pelaksanaan pembelajaran eksperimen”. “Para pendidik harus mencari sendiri pelaksanaan pembelajaran eksperimen terbaik sesuai dengan keadaan di sekolahnya seperti ketersediaan alat kominikasi, jaringan, dan ketersediaan alat serta bahan praktikum itu sendiri”. Ungkap Muh. Syihab.

Dosen muda ini juga tidak lupa memberikan rekomendasi aplikasi pembelajaran eksperimen terbaik yang dapat digunakan dengan mudah seperti phet, circuit maker, dan electronic workbench.

Acara yang juga disiarkan live YouTube ini sukses menarik sampai kurang lebih 800 penonton, “Ini hal yang bagus karena salah satu alasan utama pelaksanaan kegiatan ini adalah sosialisasi Prodi Pendidikan Fisika UMMA sebagai yang pertama dan satu-satunya di Maros”. Ujar ketua panitia Fitriani Kadir yang juga alumni Pendidikan Fisika UIN Alauddin tahun 2013.

Penulis       : Imam Permana

Editor         : Anas Irwan