Alumni Pendidikan Fisika UIN Alauddin Jadi Pembicara di Webinar Kepramukaan

  • 22 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

PFS.FTK.UIN-ALAUDDIN.AC.ID, MAKASSAR – Tri Satya dan Dasa Darma, dua kode kehormatan pramuka yang disegarkan kembali di momen “Ulang Janji” peringatan hari pramuka ke-59.

Untuk membakar semangat pramuka di momen tersebut, Pangkalan MDIA Bontoala Makassar mengadakan webinar kepramukaan dengan tema “Pramuka Sejati Mengulang Janji demi Kehormatan Negeri”.  Pembicara utama dalam kegiatan tersebut adalah Dedi Rahmat, S.Pd. MG yang tak lain adalah alumni Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Tahun 2012.

Kegiatan ini  diselenggarakan pada Sabtu (22/08) secara live melalui Zoom dan sukses menarik antusiasme ratusan peserta dari kalangan peserta didik, pembina, purna dan para pelatih pramuka dari berbagai daerah.

Dalam pemaparannya, Sekretaris Cabang Mamuju Tengah tersebut mengungkapkan kekeliruan beberapa pangkalan yang lebih mengutamakan “pramuka lomba daripada pramuka karakter”. Dedi menegaskan bahwa tujuan utama pendidikan kepramukaan adalah pembetukan karakter peserta didik, bukan berfokus pada lomba yang terkadang membunuh karakter peserta didik dengan segala peraturan yang berlebihan.

“Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini juga dimaksudkan sebagai pengganti perkemahan blok berdasarkan tuntutan K-13 yang mewajibkan ekstrakulikuler pramuka khususnya untuk santri baru”. Ungkap Fitriani Kadir, Ketua Gudep Putri MDIA Bontoala yang juga Alumni Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin tahun 2013.

Sebagai Informasi, webinar ini juga diisi oleh Sudarti Dahsan, eks Ketua DKC Makassar (2014-2019) yang juga alumni UIN Alauddin tahun 2019. Acara ditutup dengan foto bersama dengan sikap “hormat” sebagai bentuk penghormatan anggota pramuka agar berbuat lebih baik lagi demi kehormatan negeri.

Penulis    : Imam Permana

Editor      : Syihab Ikbal