PBAK Hari Ketiga Difokuskan Di Tingkat Jurusan, Begini Pesan Pemateri untuk Mahasiswa Baru

  • 01 Oktober 2020
  • 12:00 WITA
  • Jurnalis Prodi Pendidikan Fisika
  • Berita

PFS.FTK.UIN-ALAUDDIN.AC.ID – GOWA, UIN Alauddin Makassar (UINAM) telah melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswan (PBAK) pada 28 - 30 September 2020. Kegiatan PBAK tersebut diikuti oleh 5333 Mahasiswa Baru (MABA) dari 8 fakultas yang ada di UINAM melalui telekonfrensi. 83 diantaranya tergabung di Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan rincian 30 Mahasiswa dan 53 mahasiswi.

Kegiatan PBAK hari ketiga dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Fisika Rafiqah, S,Si.,M.Pd. yang sekaligus memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru dan meyakinkan bahwa mereka telah tergabung di salah satu jurusan terbaik di UIN Alauddin makassar.

Kegiatan rutin tahunan ini menghadirkan beberapa narasumber mulai dari Sekretaris Jurusan, Gugus Penjaminan Mutu (GPM), sampai Alumni dengan berbagai materi yang disampaikan mulai dari kurikulum, kultur budaya akademik, keorganisasian dan lain-lain.

“Salah satu hal penting yang perlu dimiliki mahasiswa baru adalah kemampuan menyaring informasi mengingat mahasiswa baru adalah objek yang rentan terhadap pengaruh-pengaruh baru yang bisa saja menjerumuskan mereka pada kegagalan akademik” tegas Dr. Qaddafi, M.Si sebagai pemateri kedua.

Dr. Qaddafi juga memperkenalkan tagline jurusan yaitu “Bersama Bersama dan Selalu Bersama”, beliau kemudian menginstuksikan beberapa mahasiswa baru untuk menyebut tagline tersebut dalam bahasa daerah mereka.

Untuk materi keorganisasian yang dibawakan oleh Ansarullah,S.Pd. salah satu alumni sekaligus ketua Himpunan Mhasiswa Jurusan (HMJ) periode 2014, beliau menyampaikan bahwa penting untuk mahasiswa baru berorganisasi sebagai wadah belajar non-akademik namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memilih organsasi yang tepat.

“Untuk mahasiswa baru, baiknya memilih organisasi intra kampus yang notabene garis koordinasinya jelas seperti HMJ, SEMA. DEMA atau UKM” ucap Ansar. Ansar sendiri aktif di beberapa organisasi semasa kuliah seperti, HMJ, UKM Pramuka, dan KPMP (Kerukunan Pelajar Mahasiswa Pinrang).

Menjelang Akhir PBAK, ditentukanlah nama angkatan untuk mahasiswa baru melalui games unik hingga akhirnya diputuskan nama angkatannya adalah “Hadron”  yaitu partikel yang diikat oleh gaya nuklir yang sangat kuat.

“Dengan ini diharapkan angkatan Hadron bisa menjadi satu kesatuan yang kokoh karena diikat oleh kebersamaan” Ungkap Muh. Syihab Ikbal, kepala Laboratorium Pendidikan Fisika.

Penghujung kegiatan diisi oleh ucapan selamat dari para angkatan senior pendidikan fisika dari angkatan 2016-2019 dengan nama angkatan berturut turut V16brasi, Dig17al, Des18el, dan reyle19h.

Penulis            : Imam Permana

Editor              : Mukti Ali