RAD14SI LATIHAN KEPRAMUKAAN

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Jurusan Pendidikan Fisika mengadakan praktek lapang dan pelatihan Kepramukaan, 20 -21 Mei 2017, LT Timur Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Guna menghadapi persaingan lulusan antar perguruan tinggi, Jurusan Pendidikan Fisika mengadakan pelatihan Kepramukaan dengan tema “Menciptakan Guru Fisika yang berkarakter melalui Orientasi Pramuka”. Kegiatan kali ini di ikuti sebanyak 97 orang angkatan 2014 dan dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu, 20-21 Mei 2017 di LT Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan sekitarnya UIN Alauddin Makssar, ungkap A. Ashar Arsyad, Ketua Panitia Kepramukaan.

Ketua Panitia menambahkan, kegiatan selama dua hari kami menerima beberapa materi dan Outbound yaitu Sejarah Kepramukaan, Prinsip dasar Kepramukaan, Navigasi, Tehnik Kepramukaan, Pendidikan Kepramukaan dan Higking.

Pelatihan Kepramukaan merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang sebelumnya, sebagai bagian dari mata kuliah Kapita Selekta guna memperbaiki kualitas calon Pendidik masa depan. Kegiatan sebelumnya sudah dilakukan kegiatan yang membuat mahasiswa secara tidak sadar dapat meningkatkan kualitas dirinya sebagai calon Guru seperti pemberian materi Kependidikan, Uji Kompotensi (UK), Uji Pengajar (UP), Workshop RPP dari LPMP Sulawesi Selatan, Pembuatan Perangkat Pembelajaran dan RPP kemudian Validasi ke Sekolah-Sekolah yang dianggap berkualitas Baik, sehingga di harapkan setelah serangkaian kegiatan ini dapat menghasilkan produk Calon Guru siap pakai, Ujar Suhardiman pengampu Mata Kuliah.

Kegiatan Kepramukaan sangat diapresiasi oleh Rafiqah, selaku Sekjur Jurusan Pendidikan Fisika dalam sambutannya, “Kegiatan seperti ini sangat bagus, ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat menambah Skill sebelum menjadi Guru nantinya. Apalagi Kepramukaan adalah kegiatan Ektstrakokurikuler wajib di Sekolah”.

Report: Anas