AKLAM KEMBALI SUKSES TERUKIR DI SMP NEGERI 1 TINGGIMONCONG KAB.GOWA

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Jurusan Pendidikan Fisika UINAM kembali sukses melaksanakan Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (AKLAM) Angkatan 2013 selama empat hari Senin – Jumat, tanggal 16 – 20 Mei 2016 waktu lalu.

AKLAM 2013 merupakan  kepanjangan dari Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa  Angkatan 2013. Kegiatan kali ini dengan tema “Mengasah Potensi Keterampilan Kerja Asisten Laboratorium yang Profesional” ini pada dasarnya bertujuan untuk operasi belajar Learning by Doing yang maksudnya belajar dengan cara mempraktekkan, sebab cara belajar terbaik adalah dengan cara mengajar.

Islam tak hanya menganjurkan umatnya sebatas berilmu namun juga menekankan pada pentingnya mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.  Oleh karena itu, pada 16 Mei 2016 HMJ Jurusan Pendidikan Fisika UINAM memberi amanah kepada 38 orang anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika  dan 2 dosen pendamping untuk mengabdi dalam kegiatan pengabdian ke sekolah-sekolah dalam hal ini ke SMP Negeri 1 Tinggimoncong.

Menurut Muhlis selaku Ketua Panitia menjelaskan ada beberapa kegiatan di SMPN 1 Tinggimoncong selama 5 hari di sana yaitu Adapun program untuk Aklam kali ini adalah

  1. Pembimbingan KIT Eksperimen Fisika bagi Seluruh peserta didik kelas VII dalam 5 Kelas.
  2. Bedah Lab (Pengecetan, Inventaris alat IPA serta  pembuatan K3 dan Standarisasi LAB IPA)
  3. Lomba yang meliputi Lomba Cerdas Cermat, Lomba Ranking 1, Lomba Eksperimen, dan Lomba merangkai alat tepat guna sederhana dari alam atau limbah.

“Saya sangat mengapresiasi adek-adek mahasiswa secara ikhlas dalam pengabdiannya terutama dalam pembimbingan adek-adeknya di SMP ini, semoga setelah kegiatan seperti ini dapat aktif kembali kegiatan praktek di laboratorium yang salama ini fakum selama 2 tahun tidak pernah masuk laboratorium” dalam sambutan Bpk. Syafruddin, S. Pd., M.Si. selaku Kepsek SMPN 1 Tinggimoncong.

Selanjutnya, sambutannya  bapak Syafruddin juga sangat berterima kasih dan menyatakan bahagia serta harunya menyaksikan berlangsungnya kegiatan Aklam yang mana sejak 20 tahun terakhir lab IPA sekolah baru dua kali direparasi, reparasinya pun hanya sebatas atap saja sebab bagian dalam lab guru belum punya waktu memperbaiki, dan tidak ada teknisi ahli yang berani melakukan perbaikan di dalamnya. Namun, dengan hadirnya mereka para mahasiswa mereka betul-betul melakukan reparasi total di bagian dalam lab, dengan arah reparasi tidak lain ialah ke arah yang bertujuan agar lab IPA tersebut memenuhi syarat standar lab IPA.

“Kami sangat berterima kasih atas diterimanya mahasiswa kami untuk belajar, jadi mahasiswa kami ini pak datang untuk belajar bukan untuk mengajar pak” Ujar bapak Ali Umar Dani S.Pd., M.PFis mewakili kajur memberikan sambutan.

Harapan dari berbagai pihak setelah kesuksesan kegiatan ini adalah sering-sering dilakukannnya AKLAM di berbagai sekolah sehingga arah pendidikan Indonesia dalam hal pendidikan fisika lebih baik dari kemarin.

Penulis : Sunardi Nasir

Editor   : Anas Irwan, S.Pd.